Contoh Sub Menu1 Contoh Sub Menu2 Contoh Sub Menu3
Contoh Sub Menu1 Contoh Sub Menu2 Contoh Sub Menu3

Program Kerja MTs Al-Mu'minun


PROGRAM KERJA  DAN PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH
PONDOK PESANTREN AL-MU’MINUN














 












PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
DINAS PENDIDIKAN
MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN 2011 / 2012
Kata pengantar

Puji Syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taupik dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan pembuatan Program kerja sekolah ini. Kami tidak lepas mengalami kesulitan-kesulitan dan hambatan-hambatan, tetapi dengan bantuan berbagai pihak akhirnya dapat terselesaikan jua, Oleh karma itu kami ucapkan terima kasih kepad asemua pihak yang telah membantu memberikan masukan-masukan yang kami perlukan.

Kami Menyadari sepenuhnya. Bahwa program kerja sekolah ini banyak kekurangannya, Maka dari itu saran dari semua pihak akan kami terima dengan senang hati untuk menyempurnakan program keja sekolah ini.
Akhirnya Kami Berharap agar program kerja sekolah ini dapat diterima dan dipergunakan sebagai mana mestinya.




Muara Muntai,19 Juli 2011
Kepala MTs Al-Mu’minun Muara Muntai



Hamdi,S.Pd


















BAB I
PENDAHULUAN

A.UMUM

            Pendidikan merupakan satu bagian integral dari pembangunan nasional adalah usaha yang dilakukan secara sadar, bertahap dan bertujuan meningkatkan harkat dan martabat manusia, untuk membentuk dan menumbuhkan manusia – manusia pancasilais yang sehat jasmani dan rohani serta dapat bertanggung jawab bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

            Untuk mencapai tujuan pembangunan nasional itu dilaksanakan program segala bidang secara terus menerus serta berkesinambungan. Hakikat pembangunan nasional itu sendiri adalah pembangunan manusian seutuhnya dan pembangunan manusia seluruhnya.

Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepad atuhan yang maha esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal samangat kebangsaan, dan cita-cita tanah air, agar dapat membangun dirinyaserta bersama-sama bertanggung jawab ats pembangunan bangsa.

            Jelaslah bahwa tugas pendidikan merupakan bagian bagian dari tugas pengembangan kebudayaan, sebagaimana dinas pendidikan nasional telah mengambil kebijaksanaan untuk menetapkan sekolah sebagai salah satu pusat kebudayaan. Di sini pula sekolah sebagai salah satu pusat kebudayaan yang sepantasnya dilakukan dengan berencana terarah dan penuh kesungguhan.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

            Sekolah salah satu lembaga pendidikan, wadah guru memberikan pelajaran dan murid menerima pelajaran, tentu hal ini mengalami hambatan, yang tak diinginkan maka sekolah membuat program kerja untuk pedoman bagi personil ( guru dan pegawai ) dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
            Dasar pemikiran dalam membuat program kerja sekolah MTs Al-mu’minun Muara Muntai

  1. Pedoman Umum penyelenggaraan administrasi sekolah menengah sarana pendidikan.
  2. Surat kepala bidang dikmenum kanwil Depdikbut Prop. Kaltim Nomor : 3189/126.7/Ia.1987.
  3. Surat keputusan kanwil Depdikbut Prop. Kaltim Nomor : 3082/126.2c/PRz.1997. Tanggal 25 Juni 1997 tentang pedoman penyusunan program kerja tahunan sekolah dilingkungan kanwil Depdikbut. Prop kaltim.
Maka program kerja tahunan ini menitik beratkan pada peningkatan mutu pendidikan, pembinaan guru-guru / pegawai, dalam mengikut sertakan penataran-penataran, dan mengaktipkan kegiatan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ). Juga bagi siswa ditekankan agar msetiap siswa mempunyai buku, baik yang diterima dari perpustakaan sekolah, perpustakaan umum maupun membeli. Selain itu siswa diharuskan mengikuti pelajaran tambahan guna meningkatkan mutu pendidikan.

C. RUANG LINGKUP

            Agar penyusunan program kerja terarah dengan baik dan tersusun rapi, program tersebut meliputi :
1. Kegiatan-kegiatan sekolah dalam tugas rutin,harian mingguan, bulanan, caturwulan,
    dan tahunan.
2. tugas masing-masing personil sekolah.
3. Program supervisi
4. Program pengembangan stap.

Keempat unsure akan diperjelas pada bab berikutnya karena merupakan yang amat penting dari sisi program kerja tahunan MTs Al-Mu’minun Muara muntai tahun pelajaran 2008 / 2009.
           
D. SISTEMATIKA

            Untuk memudahkan memahami penyusunan program kerja tahunan sekolah di MTs Al-Mu’minun Muara Muntai ditulis dengan sistematika sebagai berikut :
1. Bab I, Pendahuluan
    Mengulas Masalah Pendidikan, dan dasar pemikiran program kerja.
2. Bab II, Tata Cara Penyusunan dan makna program.
    Menjelaskan tugas kegiatan kepala sekolah, tugas masing-masing personil sekolah,
    program suprvisi dan pengembangan Stap pada MTs Al-Mu’minun Muara Muntai.
3. Bab III, Pokok-pokok materi Program Kerja Tahunan Sekolah,
    Berisi garis-gsris besar program kerja tahunan MTs Al-Mu’minun Antara lain :
Ø  Kegiatan Umum
Ø  Kegiatan Kurikulum
Ø  Kegiatan Ekstrakurikuler
Ø  Kesiswaan
Ø  Kegiatan Guru Dan Pegawai
Ø  Sarana Dan Prasarana
Ø  Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat


4. Bab IV. Penutup
    Merupakan Bab yang berisi kesimpulan dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan.
BAB II
TATA CARA PENYUSUNAN DAN MAKNA PROGRAM

            Dalam melaksanakan tugas sehari-hari kepala sekolah di Bantu guru dan pegawai tata usaha, dan pegawai lainnya tugas berat yang diembannya menjadi ringan. Selain itu apa yang disebutkan oleh Dr.H.Hadari Nawawi Adalah :
“ Kepala sekolah sebagai administrator berfungsi merencanakan, mengorganisasikan,mengarahkan, mengkordinasikan dan mengawasi seluruh kegiatan pendidikan yang dilaksanakan disuatu sekolah. Disamping itu kepala sekolah sebagai pimpinan pendidikan berfungsi mewujudkan hubungan manusiawi
( Human Pelantinship ) yang harmonis dalam rangka membina dan mengembangkan kerjasama antar personal agar serempak seluruhnya bergerak kearah pencapaiantujuan melalui kesediaan melaksanakan tugas masing-masing secara efektip dan episian :

            Dengan demikian kepala sekolah menyusun kegiatan-kegiatan program kerja tahunan sekolah yang meliputi beberapa aspek yaitu :

1. JADWAL KERJA KEPALA SEKOLAH

            Agar kegiatan kepala sekolah dapat mencapai sasaran secara optimal diperlukan adanya jadwal kerja kepala sekolah yang meliputi kegiatan-kegiatan rutin harian, mingguan, bulanan, semester, dan tahunan.

1. KEGIATAN HARIAN

            a. Memeriksa daftar hadir guru, tenaga tekhnis kependidikan dan tenaga tata
                usaha
            b. Mengatur dan memeriksa kegiatan 9K di sekolah
            c. Memeriksa program pengajaran dan persiapan lainnya yang menunjang proses
                belajar mengajar
d. Menyelesaikan surat-surat, angka kredit guru, menerima tamu, dan
    menyelenggarakan pekerjaan kantor
e. Mengatasi hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya proses belajar
    mengajar.
f. Mengatasi kasus yang terjadi pada hari ini.
g. memeriksa segala sesuatu menjelang sekolah itu usai.
h. Melaksanakan supervise kegiatan belajar mengajar ( KBM )



2. KEGIATA MINGGUAN

a. Melaksanakan upacar bendera setiap hari senin dan hari-hari besar lainnya.
b. Melaksanakan senam kesegaran jasmani.
c. Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat-surat.
d. Mengadakan rapat mingguan untuk menjadi bahan rencana kegiatan mingguan
    berikutnya
e. Memeriksa keuangan sekolah.
f. Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan kantor / sekolah.

3. KEGIATAN BULANAN

a. Pada awal bulan dilakukan kegiatan rutin antara lain :
1. Melaksanakan penyelesaian kegiatan setoran BP3, gaji pegawai / guru,
    laporan bulanan, rencana keperluan perlengkapan kantor / sekolah dan
    rencana belanja bulanan.
2. Melaksanakan pemeriksaan umum terhadap, antara lain :
Ø  Buku kelas
Ø   Daftar hadir guru dan pegawai tata usaha
Ø  Kumpulan bahan evaluasi berikut aalisisnya
Ø  Kumpulan program pengajaran
Ø  Diagram pencapaian kurikulum
Ø  Diagram daya serap siswa
Ø  Program perbaikan dan pengayaan
Ø  Buku catatan pelaksanaan BK / BP
3. Memberi petunjuk kepada Guru-guru tentang siswa yang perlu diperhatikan,
    kasus yang perlu diketahui, dalam rangka pembinaan kegiatan siswa.
b. Pada akhir bulan dilakukan kegiatan :
1. Penutupan buku
2. pertanggung jawaban keuangan
3. Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat sekilah
4. Mutasi siswa dan klapper

4. KEGIATAN SEMESTER

            a. Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah yang diperlukan.
            b. Menyelenggarakan pengisian buku induk siswa
            c. Menyelenggarakan persiapan pelaksanaan ulangan umum semester.
           

d. Menyelenggarakan evaluasi kegiatan BK / BP, OSIS, UKS dan ekstrakulikuler
                lainnya
e. Menyelenggarakan kegiatan akhir semester :
Ø   Daftar kelas
Ø   Kumpulan Nilai ( legger )
Ø   Catatan tentang siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
Ø   Pengisian nilai semester
Ø   Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
Ø   Pemanggilan orang tua siswa, sejauh diperlukan untuk konsultasi.

5.KEGIATAN AKHIR TAHUNAN

            a. Menyelenggarakan penutupan buku-buku inventaris dan keuangan
            b. Menyelenggarakan ulangan umum dan ujian akhir ( EBTANAS / UAN )
            c. Kegiatan kenaikan kelas dan kelulusan
Ø  Persiapan daftar kumpulan nilai ( legger )
Ø  Penyiapan bahan-bahan untuk rapat guru
Ø  Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
Ø  Pengisian STTB dan UAN
d. Menyelenggrakan evaluasipelaksanaan program sekolah tahun pelajaran yang
    bersangkutan dan menyusun program sekolah untuk tahun yang akan dating.
e. Menyelenggarakan penyusunan rencana keuangan tahun yang akan dating
    ( RAPBS )
f. Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir tahun pelajaran
g. Melaksanakan kegiatan penerimaan siswa baru yang meliputi kegiatan :
Ø  Pembentukan panitia penerimaan dan pendaftaran
Ø  Penyusunan syarat-syarat penerimaan dan pendaftaran
Ø  Penyiapan formulir dan pengumuman penerimaan siswa baru
Ø  Pengumuman siswa yang diterima dan daftar ulang

6. KEGIATAN AWAL TAHUN PELAJARAN

a. Merencanakan kebutuhan guru setiap mata pelajaran
b. pembagian tugas mengajar
c. Menyusun Program pengajaran, jadwal pelajaran dan kalender pendidikan
d. Menyusun kebutuhan buku pelajaran, buku pegangan guru
e. Menyusun kelengkapan alat pelajaran dan bahan pelajaran
f. Mengadakan rapat
           
            Telah diuraikan sebelumnya kegiatan program kerja kepala sekolah itu sangat berat kalau tidak dibantu oleh personilnya, Sebagaimana Dr. H. Nawawi Mengatakan :

            “ Sekolah sebagai organisasi kerja disamping terdapat sebuah volume kerja, terdapat pula lebih dari seorang personil sebagai petugas harus mewujudkannya. Oleh karena itulah disuatu sekolah diperlukan pembagian dan pembidangan kerja agar setiap personil mengatahui dengan jelas posisinya dan tentang kerja yang menjadi tanggung jawabnya didalam posisi tersebut guna memungkinkkan setiap personil terdaya guna secara maksimal dalam mencapai tujuan “

            Bagi seorang guru tanggung jawab kepadanya diharapkan tidak lagi menunggu perintah atasan ( Kepala sekolah ) yang memimpin dalam tugasnya.

II. FUNGSI DAN TUGAS PENGELOLA SEKOLAH

1. Kepala Sekolah

Kepala sekolah berpungsi dan bertugas sebagai Edukator, Manajer, Administrator, dan Supervisor, Leadership, Innovator, Motivator ( EMASLIM )
a.       Kepala sekolah selaku educator bertugas melaksanakan proses pembelajaran secara
efektip dan evisien
b.      Kepala sekolah selaku manajer mempunyai tugas :
1.      Menyusun perencanaan
2.      Mengorganisasikan kegiatan
3.      Mengarahkan kegiatan
4.      Melaksanakan pengawasan
5.      Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
6.      menentukan kebijaksanaan
7.      Mengadakan rapat
8.      Mengambil keputusan
9.      Mengatur proses blajar mengajar
10.  Mengatur administrasi Ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana dan prasarana dan keuangan/RAPBS.
11.  Mengatur proses belajar mengajar
12.  mengatur organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS )
c.       Kepala sekolah  selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi :
1.      Perencanaan
2.      Pengorganisasian
3.      Pengarahan
4.      Pengkoordinasian
5.      Pengawasan
6.      Kurikulum
7.      Kesiswaan
8.      Ketata usahaan
9.      Ketenagaan
10.  Kantor
11.  Keuangan
12.  Perpustakaan
13.  Laboratorium
14.  Ruang keterampilan / Kesenian
15.  Bimbingan Konseling
16.  UKS
17.  OSIS
18.  Serbaguna
19.  Media Gudang
20.  9 K
d.      Kepala sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan supervise Mengenai :
1.      Proses belajar mengajar
2.      Kegiatan bimbingan dan konseling / bimbingan dan penyuluhan
3.      Kegiatan ekstrakulikuler
4.      Kegiataan ketata usahaan
5.      Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan intansi terkait
6.      Sarana dan prasarana
7.      Kegiatan OSIS
8.      Kegiatan 10 K
Dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah dapat mendelegasikan kepad awakil kepala sekolah.

2.  Wakil Kepala Sekolah

Wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
  1. Penyusunan rencana, pembuataan program kegiatan dan program pelaksanaan
  2. Pengorganisasian
  3. Pengarahan
  4. Ketenagaan
  5. Pengkoordinasian
  6. Pengawasan
  7. Penilaian
  8. Identipikasi dan pengumpulan
  9. Penyusunan laporan

Wakil kepala sekolah Pada MTs Al-Mu’minun Muara Muntai Membantu urusan kepala sekolah dalam urusan sebagai berikut :
A. Urusan Kurikulum
1.      Menyusun program pengajaran lengkap dengan uraian kegiatannya
2.      Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
3.      Menyusun jadwal dan pelaksanaan ulangan umum serta ujian akhir
( EBTA/EBTANAS/UAN )
4.      Menerapkan keriteria persaratan naik/tidak naik dan keriteria kelulusan
5.      Mengatur jadwal penerimaan buku laporan penilaian hasil belajar dan STTB
6.      Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pelajaran lengkap dengan komponennya
7.      Menyusun Laporan pelaksanaan pelajaran
8.      Membina kegiatan MGMP/pengujian/litbang
9.      Membina kegiatan sanggar PKG/MGMP/Media dan pelatihan guru
10.  Melaksanakan pemilihan guru teladan
11.  Membina kegiatan lomba-lomba akademis, seperti LPIR, LKIR, IMO, IPHO,/TOPI, Mengarang dan lain-lain
12.  Menyusun dan melaksanakan Program pengembangan kurikulum
( Tryout/intensi/EBTANAS/UAN,Penelitian dan lain-lain )

B.   URUSAN KESISWAAN

1.      Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS
2.      Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolahserta pemilihan pkepengurusan OSIS
3.      Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
4.      Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan incidental
5.      Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan,kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan, kekeluargaan, kesehatan, keterbukaan, .dan keteladanan ( 10 K ) dan wawasan Wiyatamandala
6.      Melaksanakan Pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa , siswa berprestasi
7.      Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah, antar sekolah sampai tingkat nasional
8.      Mengatur penerimaan siswa baru
9.      Menyusun program kegiatan ekstrakulikuler ( UKS, PMR, KIR, Pariwisata dan lain-lain )
10.  Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
11.  Mengatur, mengadakan latihan kepemimpinan, pembinaan IMTAQ, Pengambangan IPTEK melalui penataran / pelatihan-pelatihan

C.   URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT

1.      Mengtur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua / wali siswa
2.       membina hubungan antar sekolah dengan BP 3 dan komote sekolah
3.      Membina pengembangan hubungan antara sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga social lainnya
4.      Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala
5.      Menyusun dan melaksanakan kerjasama antar departeman, dalam rangkapublikasi dan sosialisasi
6.      Menyusun dan melaksanakan kerjasama dengan lembaga kemasyarakatan/keagamaan dala rangka meningkatkan IMTAQ
7.      Menangani tindak lanjut output/penjaringan lintas sektoral ( dalam negeri maupun luar
negeri ) dan masalah-masalah IPTEK
8.      Menjalin kerjasama dengan sekolah swasta dalam program sekolah kembar, lembaga kursus/keterampilan/pelatihan dalam rangka peningkatan IPTEK
9.      Mempublikasikan Go public sekolah melalui, media cetak,televise,radio dan media lainnya

D. Urusan sarana dan prasarana

1.      Menyusun renccana kebutuhan sarana dan prasarana
2.      Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
3.      Pengelola pembiayaan alat-alat pengajaran
4.      Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala
5.      Menyiapkan sarana dan prasarana di setiap / bagian kegiatan sekolah, dibantu para teknisi

3.   Guru

Guru bertanggung jawab kepad akepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efectif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab seorang guru meliputi :
a. Membuat program pengajaran
1.      Analisis materi pelajaran ( AMP )
2.      Program tahunan
3.      Program satuan pelajaran ( SATPEL )
4.      Program rencana pengajaran ( RP )
5.      Lembar kegiatan siswa ( LKS )
6.      Program CAWU / Semester
7.      Program pernaikan dan pengayaan
8.      Pokok Uji ( UN )
9.      Analisis hasil ulangan ( Harian / Smester )
10.  Daptar hadir dan daftar nilai
11.  Agenda guru dan alat Bantu lainnya
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
c. Melaksanakan kegiatan penilaian pelajaran, ulangan harian, semester/tahunan
d. Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
e. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
f. Mengisi daftar nilai siswa
g. Melaksanakan kegiatan membimbing guru dalam kegiatan proses belajar mengajar
h. Membuat alat pelajaran/alat peraga
i. Menciptakan karya seni
j. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
k. Melaksanakan tugas tertentu disekolah
l. Mengadakan pengembangan bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
m. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa
n. Meneliti daptar hasilsiswa sebelum memulai pelajaran
o. Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang pratikum
p. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya

4.   Wali kelas

Wali Kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut
a.       Mengelola kelas
b.      Penyelenggaraan administrasi kelasyang meliputi
-          Denah tempat duduk siswa
-          Papan absensi siswa
-          Daftar piket kelas
-          Buku absensi kelas
-          Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas
-          Inventaris kelas
c.       Penyusunan / pembuatan statistic bulanan siswa/target kurikulum,daya serap mata pelajaran
d.      Pengisian daftar kumpulan nilai siswa ( Legger ),peringkat dan pengelompokkan pelajaran
e.       Pembuatan catatan khusus tentang siswa
f.       Pencatatan mutasi siswa
g.      Pengisian buku laporan penilaian asil belajar
h.      Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar




5.  Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP )

Ketua MGMP di sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
  1. Penyusunan program dan pembangunan mata pelajaran sejenis
  2. Koordinasi penggunaan ruang sarana
  3. Koordinasi kegiatan guru-guru mata pelajaran sejenis
  4. Pelaksanaan kegiatan membimbing guru dalam proses belajar mengajar

6.  Guru Bimbungan Dan Konseling

Guru bimbingan dan konseling membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Menyusun program pelaksanaan bimbingan dan konseling
  2. Melakukan koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
  3. Memberikan layanan bimbingan kepada siswa lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
  4. Memberikan sarana dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
  5. Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
  6. Menyusun statistic hasil penilaian bimbingan dan konseling
  7. Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
  8. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
  9. Mengikuti kegiatan musyaearah Guru pembimbing ( MGP )
  10. Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling

7.   Pustakawan Sekolah

Pustakawan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Merencanakan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronika
  2. Mengurus pelayana perpustakaan
  3. Merencanakan pengembangan perpustakaan
  4. Memelihara dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media electronika
  5. Menginventarisasi dan mengadministrasikan bubuku-buku/bahan pustaka/media electronica
  6. Menyimpan buku-buku perputakaan/media electronika
  7. Menyusun tata tertib perpustakaan
  8. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala




8.  Koordinasi Pengelola Laboratorium/Ruang Media Belajar

Koordinasi Pengelola membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium IPA. Komputer, Dan media belajar
  2. Mengkoordinasikan jadwal dan tata tertib pendaayaguanaan/pemamfaatan laboratorium/ruang media belajar secara terpadu
  3. Menyusun tugas-tugas laboran
  4. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
  5. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium

10.  Laboran Laboratorium IPA ( Fisika dan Biologi )

Laboran laboratorium IPA membantu kepala sekolah dan penangung jawab/Guru pengelola laboratorium fisika dan biologi dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Merencanakan pengadaan alat-alat/bahan kimia laboratorium IPA ( Fisija dan Biologi )
  2. Membantu menyusun jadwal dan tata tertib pendayagunaan laboratorium IPA
  3. Menyusun program kegiatan laboran
  4. Mengatur pembersihan, pemeliharaan, perbaikan dan penyimpanana alat-alat/bahan-bahan kimia laboran IPA
  5. Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat bahan-bahan kimia laboran IPA
  6. Menyusun laporan Pendayagunaan/pemampaatan laboran IPA

11. Teknisi laboratorium computer

Teknisi laboratorium computer membantu kepalaa sekolah dan penanggung jawab/guru pengelola laboratorium computer dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Merencanakan pengadaan alat-alat computer baik perangkat keras mapun lunak
  2. Membantu menyusun jadwal dan tata tertib pendayagunaan/pemampaatan computer
  3. Menyusun program kegiatan teknisi computer
  4. Mengimpentarisasikan dan mengadministrasikan alat-alat/perangkat computer

12. Teknisi Media

Teknisi media membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Merencanakan pengadaan alaat-alat media
  2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan media
  3. Menyusun program kegiatan teknisi media
  4. Mengatur penyimpanan, pemeliharaan, dan perbaikan alat-alat media
  5. Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat media
  6. Menyusun laporan pemampaatan alat-alat media
13. Kepala tata usaha sekolah
Kepala tata usaha sekolah bertanggung jawab kepada kepala sekoalah dan mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Menyusun program kerja tata usaha sekolah
  2. Mengelola keuangan sekolah
  3. Mengurus administrasi ketenagaan
  4. Mengurus administrasi siswa
  5. Membina dan mengembangkan karir pegawai tata usaha sekolah
  6. Menyusun administrasi perlengkapan sekolah
  7. Menyusun dan menyajikan data/statistic sekolah
  8. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 10 K
  9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala

14. Pegawai Tata Usaha
Pegawai tata usaha bertugas untuk membantu kepala sekolah dan kepala urusan tata usaha melakukan ketatausahaan sekolah meliputi kegiatan-kegiatn sebagai berikut :
a.   Administrasi Kesiswaan
Ø  Pencatatan data siswa
Ø  Pengelolaan buku induk
Ø  Laporan bulanan, triwulan, semester, akhir tahun pelajaran dan sewaktu-waktu
Ø  Mutasi siswa
Ø  Membuat surat keterangan siswa

b. Administrasi Kepegawaian
Ø  Membuat data pegawai dan DUK
Ø  Mengerjakan usul kenaikan pangkat guru/pegawai
Ø  Mengerjakan gaji berkala ( KGB )
Ø  Mengerjakan DP3
Ø  Mengerjakan buku induk pegawai
Ø  Mengusulkan pembuatan Karpeg, Taspen, Askes dan karir/karsu
Ø  Menganalisis kebutuhan tenaga guru dan pegawai
Ø  Dan lain-lain yang menyangkut administrasi kepegawaian

c. Administrasi Perlengkapan
Ø  Perencanaan pengadaan perlengkapan kantor/sekolah
Ø  Penerima, penyimpanan,pemeliharaan dan penyaluran barang
Ø  Melaksanakan pembukuan barang-barang inpentaris
Ø  Membuat laporan triwulan mutasi barang dan laporan tahunan
Ø  Pemberian nomor kode pada barang inventaris
Ø  Dan tugas-tugas administrasi lain yang berhubungan inventaris
d. Administrasi keuangan
1. Bendaharawan rutin /UYHD/UUDP
Ø  Mengajukan surat permintaan pembayaran ( SPP )
Ø  Menguangkan dan sesuai SPM
Ø  Menyimpan dan membayarkansesuai persetujuan/perintah atasan
Ø  Mengerjakan pembukuan sesuai peraturan yang berlaku
Ø  Membuat laporan pertanggung jawaban ( SPJ )
2. Bendaharawan gaji
Ø  Mengajukan surat permintaan pembayaran ( SPP )
Ø  Menguangkan/menerima serta membayarkan kepada pegawai
Ø  Mengeerjakan pembukuan
Ø  Membuat/menyampaikan laporan SPJ
Ø  Mengerjakan kelengkapan administrasi lain
3. Bendaharawan Infaq/Komite sekolah
Ø  Menerima pembayaran BP3/komite sekolah
Ø  Menyimpan dan membayarkan dana subsidi BP3 sesuai perintah/persetujuan atasan
Ø  Pembukuan keuangan
Ø  Membuat laporan pertanggung jawaban penggunaan dana
4. Pembuat daptar gaji
Ø  Menyiapkan/membuat daftar permintaan gaji
Ø  Menyiapkan kelengkapan-kelengkapan untuk permintaan pembayaran gaji
Ø  Membantu bendaharawan gaji

e. Kearsipan Agenda
Ø  Mencatat keluar masuk surat
Ø  Menyampaikan surat kepada kepala sekolah dan meneruskan surat sesuai tujuan surat/disposisi
Ø  Menyimpan/mengarsipkan surat sesuai tata letak dank ode surat
Ø  Menyiapkan/mengambil surat jika sewaktu-waktu diperlukan

f. Pembantu Umum
Ø  Membantu aktifitas kegiatan administrasi yang diperlukan oleh atasan
Ø  Melakukan tugas-tugas lain

III. PENGEMBANGAN STAF ( STAF DEVELOPMEN )
            Pengembangan staf merupakan suatu kegiatan untuk mendayagunakan secara maksimal perangakat personal sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan professional, ketentraman dan pengetahuan untuk mencapai hasil optimal secara efektip dan efisien, dengan menggunakan atau menyelenggarakan dana yang ada.

A. Tujuan Pengembangan Staf
  1. Mengembangkan kemampuan Mengajar dengan metode yang dapat digunakan secara efectif dan berhasil dalam kaitan yang luas dengan lingkunagn sekolah
  2. Mengembangkan Keinginan untuk belajar terus menerus serta menggali metode mengajar dan epaluasi dari cara mengajar yang berkaitan dengan pembaharuan keadaan
  3. Mengembangkan pengetahuan praktis administratifdalam usaha menumbuhkan kemajuan untuk selalu memberikan bantuan demi kepentungan sekolah
  4. Membantu perkembangan propesional dan tekhnis dari personal sekolah
  5. Mengembangkan personal menjadi suatu tim, sehingga merupakan tim yang kompak dan terpadu dalam menciptakan intraksi dan komonikasi yang baik
  6. Mengembangkan rasa ikut memiliki dan saling rasa menghargai diantara rekan kerja
  7. Mengembangkan sikap mental yang kuat, dalam mengembangkan prestasi
  8. Mengembangkan kepercayaan kepad kemampuan diri sendiri

B. Yang Menjadi Subjek Pengembangan Staf
  1. Kepala sekolah
  2. Wakil kepal sekolah
  3. Guru-guru
  4. Koordinator bidang studi
Dan yabg menjadi objek pengembangan staf antara lain : Guru-guru yang baru diangkat, guru-guru yang baru bertugas ( Pindahan ), dan guru-guru yang memang masih sangat memerlukan

C. Waktu Melaksanakan Pengembangan Staf
  1. Pada pertemuan individu antara kepala sekolah dengan guru, baik formal maupun informal
  2. Pada pertemuan individu antara guru coordinator bidang studi dengan guru, baik formal maupun informal
  3. Pada pertemuan individu antara wakil kepala sekolah dengan guru baik formal maupun informal
  4. Pada pertemuan kecil kelompok guru
  5. Pada coordinator Bidang studi mengunjungi kelas
  6. Pada saat pertemuan inservice dalam MGMNP/MGP


IV. KEGIATAN SUPERVISI
            Untuk melaksnakan pengelolaan sekolah secara dinamis kepala sekolah mempunyai tanggung jawab menyelenggarakan perencanaan organisasi, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan.

            Sedangkan secara operasional kepala sekolah menyelenggarakan supervise pendidikan tentang kegiatan belajar mengajar, Kegiatan BK, kegiatan Ekstrakulikuler, serta kegiatan administrasi ketatausahaan sekolah.
Adapun kegiatan program supervise meliputi :
A. Tujuan Kegiatan Program Supervisi
1. Tujuan Dasar
Ø  Meningkatkan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa
Ø  Meningkatkan kecerdasan
Ø  Meningkatkan keterampilan
Ø  Mempertinggi budi pekerti
Ø  Memperkuat kepribadian
Ø  Mempertebal semangat kebangsaandan cinta tanah air dengan dapt menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang sanggup membangun dirinya sendiri dan secara bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
2.  Tujuan Umum
a. administrasi pendidikan
Ø  Administrasi kesiswaan
Ø  Administrasi kurikulum
Ø  Administrasi sarana dan prasarana
Ø  Administrassi tata usaha sekolah
Ø  Administrasi hubungan usaha sekolah
b. Administrasisebagai proses kegiatan
Ø  Kegiatan perencanaan
Ø  Kegiatan Pengorganisasian
Ø  Kegiatan pengelolaan dan pengarahan
Ø  Kegiatan pengkoordinasian
Ø  Kegiatan pengawasan
3.  Tujuan Khusus
Membantu dan memperbaiki Kegiatan proses belajar mengajar meliputi :
1.      Dalam hal pemahaman kurikulum
2.      Pemahaman pendekatan,metode dan tekhnik-tekhnik evaluasi
3.      Merumuskan TIK
4.      Memilih materi
5.      Memilih metode pengajaran
6.      Memilih metode pengajaran
7.      Merumuskan kegiatan belajar mengajar
8.      Membuat evaluasi
9.      Membuat satuan pelajaran
10.  Merumuskan hasil belajar mengajar dan perbaikan proses belajar mengajar

B. Saran Supervisi
     Yang Melaksanakan supervise sekolah adalah kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dan yang disupervisi guru-guru serta pegawai tata usaha.

C. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan supervise dilaksanakan Secara berkala, terus menerus dan berkesinambungan sesuai dengan kalender kerja. Tekhnik pelaksanaan melalui : Kunjungan kelas, pertemuan pribadi, rapat dewan guru pertemuan dalam kelompok kerja melalui MGMP/MGP

D. Aspek Dan Materi Sebagai Bahan Kegiatan Supervisi
1. SuperVisi Guru Meliputi
Ø  Pemahaman Kurikulum
Ø  Penyusunan persiapan pengajaran/SP
Ø  Penguasaan Materi pelajaran
Ø  Pemilihan dan penggunaan Metode mengajar
Ø  Penilaian termasuk pemamfaatan umpan balik penilaian proses dan hasil belajar serta kegiatan perorangan atau kelompok
Ø  Pengadaan media pengajaran
Ø  Pelaksanaan administrasi guru

2. Supervisi wali kelas
Ø  Pelaksanaan kegiatan administrasi wali kelas
Ø  Pelaksanaan kegiatan presensi siswa
Ø  Pelaksanaan bimbingan Siswa
Ø  Hubungan kerjasama dengan guru dan tata usaha serta petugas tekhnis lainnya

3. Supervisi Petugas BK
Ø  Pelaksanaan Administrasi BK
Ø  Pelaksanaan kegiatan BK
Ø  Pelaksanaan Home Visit
Ø  Pelaksanaan hubungan kerjasama antara petugas BK dengan kepala sekolah, Guru, WAli kelas, petugas tekhnis lainnya dan siswa

4. Supervisi Petugas Perpustakaan
Ø  Penilaian administrasi perpustakaan
Ø  Pelaksanaan kegiatan penambahan lokasi perpustakaan
Ø  Pengacakan laporan, kerusakan,permintaan dan penerimaan
Ø  Pengacakan barang invetaris dan pembukuannya
Ø  Pemeliharaan ( Penyimpanan, pengaturan kebersihan ruangan, Pengamanan dan  pemampatan buku )
Ø  Pelaksanan hubungan kerjasama dengan kepala sekolah,guru,wali kelas, petugas tekhnik lainnya dan siswa serta intansi lainnya

5. Supervisi Laboratorium
Ø  Kegiatan administrasi
Ø  Pengecekan jadwal pelaksanaan kegiatan laboratorium
Ø  Pengecekan laporan, Kerusakan, permintaan barang, dan permintaan barang
Ø  Pengecekan barang iventaris dan pembukuan barang
Ø  Pemeliharaan ( Penyimpanan alat, Pengaturan kebersihan ruangan, Pengamanan dan pemampataan alat )

6.  Supervisi Administrasi Tata Usaha
Ø  Keuangan
Ø  Kepegawaian
Ø  Kesiswaan
Ø  Pengelolaan Perlengkapan
Ø  Administrasi lainnya

7. Supervisi Ekstrakulikuler
Ø  Administrasi kegiatan
Ø  Penyesuaian Program dengan pelaksanaan
Ø  Penilaian hasil kegiatan
Ø  Daftar hadir

8. Supervisi Pembinaan Siswa
Ø  Pembinaan Keorganisasian, pendidikan politik dan kepemimpinan
Ø  Pembinaan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa
Ø  Pembinaan sikap berbangsa dan bernegara
Ø  Pembinaan pendidikan pada hokum bela Negara
Ø  Pembinaan Kesegaran jasmani
Ø  Pembinaan apresiasi dan penghayatan seni









BAB III
POKOK-POKOK MATERI
PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH


            Untuk mewujudkan program kerja tahunan sekolah, kepala sekolah mempunyai kegiatan-kegiatan yang diharapkan efektif dan efesien dalam mencapai suatu tujuan. Kegiatan administrasi dan kepemimpinan kepala sekolah hanya akan berhasil bila mana ditunjang dngan struktur organisasi yang memberikan kemungkinan berlangsungnya kerjasama antar personal atau unit kerja. Setiap personal didaya gunakan secara maksimal dengan memberi kedempatan berpartisipasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sehubungan itu pembagian tugasdalam kegiatan pengorganisasian, termasuk juga dalam memilih dan menempatkan personal pada unit kerjadan posisi yang tepatsesuai dengan kemampuan pendidikan dan pengalamannya.
           
            Dalam memberikan semangat kerja dan tugas tidak hanya tentang kesejahteraan guru dan pegawai saja, akan tetapi sebaliknya guru dan pegawai mempunyai rasa tanggung jawab yang telah diberikan yang telah diberikan kepadanya surat keputusan yaitu keputusan tentang struktur organisasi sekolah dan pembagian tugas.
Pembagian dan pembidangan tugas tersebut meliputi :
1.      Umum
2.      Kurikulum
3.      Kesiswaan
4.      Ekstrakulikuler
5.      Guru/pegawai
6.      Sarana dan prasarana
7.      Keuangan
8.      Hubungan sekolah dengan masyarakat

Pembagian kerja merupakan perkotakan kerja dalam suatu kelompok yang terpisah-pisah, akan tetapi mengharuskan, mengatur prosudur dan mekanisme kerja agar tercipta hubungan kerjasama yang efektip efisian yang lebih baik.

Hubungan kerja tahunan sekolah diprogramkan dengan baik pula sebagai langkah untuk menjalankan tugas-tugas sehingga yang deprogram dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan.





BAB IV
PENUTUP

Program kerja yang kami susun ini adlah merupakan lanjutan dari program kerja terdahulu, Karena itu untuk materi dan sasaran serta tujuan tidak mengalami perubahan dan hanya beberapasub kegiatan ada penambahan dan perubahan.

Dalam supervise kepal sekolah dengan kenyataan dalam proses belajar mengajar masih terdapat kekurangan dan hambatan-hambatan yang sangat memerlukan perhatian kita untuk segera ditangani dengan baik. Dengan berdasarkan pengalaman, maka untuk tahun pelajaran 2008/2009 sangat perlu ditanggulangi kekurangan ini, sperti sarana slat praga, KBM, dan buku penunjang bagi guru maupun siswa sendiri.

Berdasarkan pengalaman inilah perlunya penambahan alat peraga, KBM dan pengadaan buku diperpustakaan, agar terselenggaranya pendidikan berjalan dengan baik dan sukses.

Kesemuanya ini memerlukan bantuan dana yang akan mengimbangi kebutuhan tersebut di atas, tentunya haruslah uluran tangan uluran tangan orang tua murid melalui pengurus BP3 dan komite sekolah disekolah maupun pemerintah.

Juga dlam usha meningkatkan mutu pendidikan. Sangat diperlukan peningkatan para pendidiknya, untuk ini diharapkan guru dan pegawai selalu diikut sertakan pada setiap kesempatan penataran/kursus ataupun pengarahan yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan nasional propinsi Kalimantan timur ataupun depertemen pendidikan nasional.

Semoga program kerja yang ada ini kami laksanakan berjalan dengan baiak dan tidak mendapatkan hambatan yang berarti. Dan tentunya dengan kerjasama yang
Baik pula selalu kita berupaya untuk meningkatkan anak didik sebagai generasi penerus dan harapan bangsa.

            Demikian rancangan program kerja kami untuk tahun pembelajaran 2008 / 2009 yang dijabarkan. Uraian secara singkat sebagai pedoman dan petunjuk untuk melangkah maju dalam usaha dan upaya meningkatkan mutu pendidikan disekolah ini, terima kasih.



Muara Muntai,19 Juli 2011
Kepala MTs Al-Mu’minun Muara Muntai



Hamdi,S.Pd