Contoh Sub Menu1 Contoh Sub Menu2 Contoh Sub Menu3
Contoh Sub Menu1 Contoh Sub Menu2 Contoh Sub Menu3

Latar Belakang berdirinya Pon-Pes Al-Mu'minun


YAYASAN PONDOK PESANTREN AL-MU’MINUN
MADRASAH TSANAWIAH
JL.KI.HAJAR DEWANTARA NO.99 MUARA MUNTAI ULU KODE POS (75562)
KAB. KUTAI KARTANEGARA KALTIM
LATAR BELAKANG BERDIRINYA
PONDOK PESANTREN AL-MU’MINUN
MUARA MUNTAI
1.       Pada bulan Oktober 1976 saya (Said Agil Alkaf) datang ke Muara Muntai selaku staf KUA kecamatan Muara Muntai, pada saat itu kepala KUA-nya adalah Moh. Syarfi (Alm).
2.       Pada bulan Nopember 1976 telah datang menghadap kepada saya ditempat tinggal saya sementara yaitu asrama SMP yaitu didepan lapangan sepak bola Muara Muntai Ulu, adalah kepala KUA, H. Moh. Amin dan Guru Ali menawarkan kepada saya agar bersedia mengajar pendidikan agama sore harinya. Dan permintaan tersebut saya sanggupi.
3.       Menurut keterangan dari almarhum H. Moh. Amin bahwa diMuara Muntai sangat perlu adanya lembaga pendidikan agama, hal ini disebabkan karena :
a.       Pendidikan agama di SD sangat kurang, bahkan ada beberapa SD yang tidak ada guru agamanya.
b.      Anak – anak disore hari selalu berkeliaran, tidak punya kegiatan dan dikhwatirkan akan timbulnya kenakalan remaja dan merosotnya moral generasi muda.
4.       Dua tahun sebelumnya yaitu sekitar th 1974 di Muara Muntai pernah ada Madrasah dengan sistim Diniyah dengan guru pengasuhnya adalah ustaz Abdul Mu’in namun karena sesuatu dan lain hal Madrasah tersebut tidak dapat bertahan sampai satu tahun, sehingga pendidikan agama di Muara Muntai sudah tidak ada lagi.
5.       Pada saat akan dibentuknya kembali Madrasah tersebut Saya minta Kepada H. Moh. Amin dan tokoh masyarakat lainnya agar diadakan Musyawarah, agar Madrasah yang akan kita bentuk ini dapat kita perjuangkan dan tidak terulangnya kembali seperti Madrasah yang lalu.
6.       Pada bulan Januari 1977 dilaksanakan Musyawarah dengan mengambil tempat dilanggar Al-Mu’minun Muara Muntai Ulu, dalam musyawarah tersebut, telah mencetuskan beberapa keputusan :
a.       Membentuk pengurus pada saat itu di tunjuk
1)      H. Habeq sebagai Ketua Umum
2)      H. Moh. Amin sebagai Ketua I
3)      Ma’un B sebagai Sektetaris dll saya sudah tidak ingat lagi
b.      Menetapkan nama Madrasah dan disepakati dengan nama “Pondok Pesantren Al-mu’minun Muara Muntai” di ambil dari nama langgar Al-mu’minun.
c.       Menetapkan tanggal lahirnya Pon. Pes. Al-mu’minun Muara Muntai yaitu tanggal 1 Pebruari 1977. Dan diresmikan langsung oleh Camat Muara Muntai (Asrul Bakri Mael, BA).
d.      Tempat belajar adalah gedung Madrasah yang lama terletak di dekat langgar Al-mu’minun pinggir sungai Mahakam
e.      Penetapan sebagai guru pertama pada Pon. Pes. Al-mu’minun Muara Muntai adalah saya sendiri (Said Agil Alkaf)
f.        Penetapan tentang simbol dan cap Pon. Pes. Al-mu’minun Muara Muntai seperti yang Bapak pergunakan sekarang.
g.       Sistem pendidikan yang di pergunakan adalah dengan sistem Diniyah.
7.       Setelah satu tahun berjalan, kami mendapat bantuan guru dari pengurusan 3 orang
a.       Ibu Hayrah
b.      Thabrani
c.       Mawardi
8.       Setelah 3 tahun berjalan dengan sistem Diniyah saya ingin meningkatkan menjadi Tsanawiyah, hal ini saya kemukakan kepada pengurus, Alhamdulillah pemikiran ini diterima.
Kebetulan pada tahun 1980 dilaksanakan MTQ Tk. Kabupaten Kutai dan oleh Bapak Bupati KDH Tk II Kutai (Drs. Awang Faisal) menetapkan sebuah Mono mental MTQ berupa 1 unit gedung Madrasah Tsanawiyah lengkap.
9.       Bangunan Asrama dan Musholla adalah dibangun oleh Panitia MTQ bersama masyarakat dan diselesaikan pembangunannya oleh AMD tahun 1980 dan diresmikan oleh Menhankam/Pangab (Jendral TNI M. Yusuf). Dan satu buah bangunan ukuran 7 x 8 m terletak dipojok selatan adalah sumbangan dari Departemen Agama Pusat untuk keperluan keterampilan.
10.   Alat – alat keterampilan mesin jahit 10 buah, tres 1 buah dan mesin rajut 1 buah ditambah dengan alat keterampilan lainnya antara lain alat pertanian dan pertukangan adalah bantuan Departemen Agama.
11.   Sejak tahun 1980 inilah MTs mulai dilaksanakan dan sebagai Kepala Sekolahnya kami tunjuk Ustaz Darham Rebaq Rinding dan Tata Usahanya : Murni Akhdiyat, Muara Muntai Ulu.
Demikian sekilas latar belakang berdirinya Pon Pes Al-mu’minun Muara Muntai yang bisa saya ungkapkan dan saya yakin ungkapan ini masih banyak kekurangannya oleh karena itu saya harapkan bahwa kekurangan tersebut dapat ditanyakan kepada pengurus lama yang masih hidup, terimakasih.

                                                                                                                        Wassalam

                                                                                                                        Said Agil Alkaf