PROGRAM KERJA DAN
PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH
PONDOK PESANTREN AL-MU’MINUN
PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI
KARTANEGARA
DINAS PENDIDIKAN
MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN 2011 / 2012
Kata pengantar
Puji Syukur kami ucapkan kepada
Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taupik dan hidayahnya sehingga kami
dapat menyelesaikan pembuatan Program kerja sekolah ini. Kami tidak lepas
mengalami kesulitan-kesulitan dan hambatan-hambatan, tetapi dengan bantuan
berbagai pihak akhirnya dapat terselesaikan jua, Oleh karma itu kami ucapkan
terima kasih kepad asemua pihak yang telah membantu memberikan masukan-masukan
yang kami perlukan.
Kami Menyadari sepenuhnya. Bahwa
program kerja sekolah ini banyak kekurangannya, Maka dari itu saran dari semua
pihak akan kami terima dengan senang hati untuk menyempurnakan program keja
sekolah ini.
Akhirnya Kami Berharap agar program
kerja sekolah ini dapat diterima dan dipergunakan sebagai mana mestinya.
Muara
Muntai,19 Juli 2011
Kepala
MTs Al-Mu’minun Muara Muntai
Hamdi,S.Pd
BAB I
PENDAHULUAN
A.UMUM
Pendidikan
merupakan satu bagian integral dari pembangunan nasional adalah usaha yang
dilakukan secara sadar, bertahap dan bertujuan meningkatkan harkat dan martabat
manusia, untuk membentuk dan menumbuhkan manusia – manusia pancasilais yang
sehat jasmani dan rohani serta dapat bertanggung jawab bagi kelangsungan hidup
bangsa Indonesia.
Untuk mencapai tujuan pembangunan
nasional itu dilaksanakan program segala bidang secara terus menerus serta
berkesinambungan. Hakikat pembangunan nasional itu sendiri adalah pembangunan
manusian seutuhnya dan pembangunan manusia seluruhnya.
Pembangunan
pendidikan merupakan bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk
meningkatkan ketakwaan kepad atuhan yang maha esa, kecerdasan dan keterampilan,
mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal samangat
kebangsaan, dan cita-cita tanah air, agar dapat membangun dirinyaserta
bersama-sama bertanggung jawab ats pembangunan bangsa.
Jelaslah bahwa tugas pendidikan
merupakan bagian bagian dari tugas pengembangan kebudayaan, sebagaimana dinas
pendidikan nasional telah mengambil kebijaksanaan untuk menetapkan sekolah
sebagai salah satu pusat kebudayaan. Di sini pula sekolah sebagai salah satu
pusat kebudayaan yang sepantasnya dilakukan dengan berencana terarah dan penuh
kesungguhan.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Sekolah salah satu lembaga
pendidikan, wadah guru memberikan pelajaran dan murid menerima pelajaran, tentu
hal ini mengalami hambatan, yang tak diinginkan maka sekolah membuat program
kerja untuk pedoman bagi personil ( guru dan pegawai ) dalam melaksanakan tugas
sehari-hari.
Dasar pemikiran dalam membuat
program kerja sekolah MTs Al-mu’minun Muara Muntai
- Pedoman Umum penyelenggaraan administrasi sekolah menengah sarana pendidikan.
- Surat kepala bidang dikmenum kanwil Depdikbut Prop. Kaltim Nomor : 3189/126.7/Ia.1987.
- Surat keputusan kanwil Depdikbut Prop. Kaltim Nomor : 3082/126.2c/PRz.1997. Tanggal 25 Juni 1997 tentang pedoman penyusunan program kerja tahunan sekolah dilingkungan kanwil Depdikbut. Prop kaltim.
Maka
program kerja tahunan ini menitik beratkan pada peningkatan mutu pendidikan,
pembinaan guru-guru / pegawai, dalam mengikut sertakan penataran-penataran, dan
mengaktipkan kegiatan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ). Juga bagi siswa
ditekankan agar msetiap siswa mempunyai buku, baik yang diterima dari
perpustakaan sekolah, perpustakaan umum maupun membeli. Selain itu siswa
diharuskan mengikuti pelajaran tambahan guna meningkatkan mutu pendidikan.
C. RUANG LINGKUP
Agar penyusunan program kerja
terarah dengan baik dan tersusun rapi, program tersebut meliputi :
1. Kegiatan-kegiatan
sekolah dalam tugas rutin,harian mingguan, bulanan, caturwulan,
dan tahunan.
2. tugas
masing-masing personil sekolah.
3. Program supervisi
4. Program
pengembangan stap.
Keempat unsure akan diperjelas pada bab berikutnya karena merupakan yang
amat penting dari sisi program kerja tahunan MTs Al-Mu’minun Muara muntai tahun
pelajaran 2008 / 2009.
D. SISTEMATIKA
Untuk
memudahkan memahami penyusunan program kerja tahunan sekolah di MTs Al-Mu’minun
Muara Muntai ditulis dengan sistematika sebagai berikut :
1. Bab I,
Pendahuluan
Mengulas Masalah Pendidikan, dan dasar
pemikiran program kerja.
2. Bab II, Tata
Cara Penyusunan dan makna program.
Menjelaskan tugas kegiatan kepala sekolah,
tugas masing-masing personil sekolah,
program suprvisi dan pengembangan Stap pada
MTs Al-Mu’minun Muara Muntai.
3. Bab III,
Pokok-pokok materi Program Kerja Tahunan Sekolah,
Berisi garis-gsris besar program kerja
tahunan MTs Al-Mu’minun Antara lain :
Ø
Kegiatan Umum
Ø
Kegiatan Kurikulum
Ø
Kegiatan Ekstrakurikuler
Ø
Kesiswaan
Ø
Kegiatan Guru Dan Pegawai
Ø
Sarana Dan Prasarana
Ø
Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
4. Bab IV.
Penutup
Merupakan Bab yang berisi kesimpulan dalam
usaha meningkatkan mutu pendidikan.
BAB II
TATA CARA PENYUSUNAN
DAN MAKNA PROGRAM
Dalam
melaksanakan tugas sehari-hari kepala sekolah di Bantu guru dan pegawai tata
usaha, dan pegawai lainnya tugas berat yang diembannya menjadi ringan. Selain
itu apa yang disebutkan oleh Dr.H.Hadari Nawawi Adalah :
“ Kepala sekolah
sebagai administrator berfungsi merencanakan, mengorganisasikan,mengarahkan,
mengkordinasikan dan mengawasi seluruh kegiatan pendidikan yang dilaksanakan
disuatu sekolah. Disamping itu kepala sekolah sebagai pimpinan pendidikan
berfungsi mewujudkan hubungan manusiawi
( Human
Pelantinship ) yang harmonis dalam rangka membina dan mengembangkan kerjasama
antar personal agar serempak seluruhnya bergerak kearah pencapaiantujuan
melalui kesediaan melaksanakan tugas masing-masing secara efektip dan episian :
Dengan demikian kepala sekolah
menyusun kegiatan-kegiatan program kerja tahunan sekolah yang meliputi beberapa
aspek yaitu :
1. JADWAL KERJA KEPALA SEKOLAH
Agar
kegiatan kepala sekolah dapat mencapai sasaran secara optimal diperlukan adanya
jadwal kerja kepala sekolah yang meliputi kegiatan-kegiatan rutin harian,
mingguan, bulanan, semester, dan tahunan.
1. KEGIATAN HARIAN
a. Memeriksa daftar hadir guru,
tenaga tekhnis kependidikan dan tenaga tata
usaha
b. Mengatur dan memeriksa kegiatan
9K di sekolah
c. Memeriksa program pengajaran dan
persiapan lainnya yang menunjang proses
belajar mengajar
d.
Menyelesaikan surat-surat, angka kredit guru, menerima tamu, dan
menyelenggarakan pekerjaan kantor
e.
Mengatasi hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya proses belajar
mengajar.
f.
Mengatasi kasus yang terjadi pada hari ini.
g.
memeriksa segala sesuatu menjelang sekolah itu usai.
h.
Melaksanakan supervise kegiatan belajar mengajar ( KBM )
2. KEGIATA MINGGUAN
a.
Melaksanakan upacar bendera setiap hari senin dan hari-hari besar lainnya.
b.
Melaksanakan senam kesegaran jasmani.
c.
Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat-surat.
d.
Mengadakan rapat mingguan untuk menjadi bahan rencana kegiatan mingguan
berikutnya
e.
Memeriksa keuangan sekolah.
f.
Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan kantor / sekolah.
3. KEGIATAN BULANAN
a.
Pada awal bulan dilakukan kegiatan rutin antara lain :
1. Melaksanakan penyelesaian kegiatan setoran BP3, gaji pegawai / guru,
laporan bulanan, rencana
keperluan perlengkapan kantor / sekolah dan
rencana belanja bulanan.
2. Melaksanakan pemeriksaan umum terhadap, antara lain :
Ø
Buku kelas
Ø
Daftar
hadir guru dan pegawai tata usaha
Ø
Kumpulan bahan evaluasi berikut aalisisnya
Ø
Kumpulan program pengajaran
Ø
Diagram pencapaian kurikulum
Ø
Diagram daya serap siswa
Ø
Program perbaikan dan pengayaan
Ø
Buku catatan pelaksanaan BK / BP
3. Memberi petunjuk kepada Guru-guru tentang siswa yang perlu
diperhatikan,
kasus yang perlu diketahui,
dalam rangka pembinaan kegiatan siswa.
b.
Pada akhir bulan dilakukan kegiatan :
1. Penutupan buku
2. pertanggung jawaban keuangan
3. Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat sekilah
4. Mutasi siswa dan klapper
4. KEGIATAN SEMESTER
a. Menyelenggarakan perbaikan
alat-alat sekolah yang diperlukan.
b. Menyelenggarakan pengisian buku
induk siswa
c. Menyelenggarakan persiapan
pelaksanaan ulangan umum semester.
d.
Menyelenggarakan evaluasi kegiatan BK / BP, OSIS, UKS dan ekstrakulikuler
lainnya
e.
Menyelenggarakan kegiatan akhir semester :
Ø
Daftar kelas
Ø
Kumpulan Nilai ( legger )
Ø
Catatan tentang siswa yang perlu mendapat
perhatian khusus
Ø
Pengisian nilai semester
Ø
Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
Ø
Pemanggilan orang tua siswa, sejauh diperlukan
untuk konsultasi.
5.KEGIATAN AKHIR TAHUNAN
a. Menyelenggarakan penutupan
buku-buku inventaris dan keuangan
b. Menyelenggarakan ulangan umum dan
ujian akhir ( EBTANAS / UAN )
c. Kegiatan kenaikan kelas dan
kelulusan
Ø
Persiapan daftar kumpulan nilai ( legger )
Ø
Penyiapan bahan-bahan untuk rapat guru
Ø
Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
Ø
Pengisian STTB dan UAN
d.
Menyelenggrakan evaluasipelaksanaan program sekolah tahun pelajaran yang
bersangkutan dan menyusun program sekolah
untuk tahun yang akan dating.
e.
Menyelenggarakan penyusunan rencana keuangan tahun yang akan dating
( RAPBS )
f.
Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir tahun pelajaran
g.
Melaksanakan kegiatan penerimaan siswa baru yang meliputi kegiatan :
Ø
Pembentukan panitia penerimaan dan pendaftaran
Ø
Penyusunan syarat-syarat penerimaan dan
pendaftaran
Ø
Penyiapan formulir dan pengumuman penerimaan
siswa baru
Ø
Pengumuman siswa yang diterima dan daftar ulang
6. KEGIATAN AWAL TAHUN PELAJARAN
a. Merencanakan kebutuhan guru setiap mata pelajaran
b. pembagian tugas mengajar
c. Menyusun Program pengajaran, jadwal pelajaran dan kalender pendidikan
d. Menyusun kebutuhan buku pelajaran, buku pegangan guru
e. Menyusun kelengkapan alat pelajaran dan bahan pelajaran
f. Mengadakan rapat
Telah diuraikan sebelumnya kegiatan
program kerja kepala sekolah itu sangat berat kalau tidak dibantu oleh
personilnya, Sebagaimana Dr. H. Nawawi Mengatakan :
“ Sekolah sebagai organisasi kerja
disamping terdapat sebuah volume kerja, terdapat pula lebih dari seorang
personil sebagai petugas harus mewujudkannya. Oleh karena itulah disuatu
sekolah diperlukan pembagian dan pembidangan kerja agar setiap personil
mengatahui dengan jelas posisinya dan tentang kerja yang menjadi tanggung
jawabnya didalam posisi tersebut guna memungkinkkan setiap personil terdaya
guna secara maksimal dalam mencapai tujuan “
Bagi seorang guru tanggung jawab
kepadanya diharapkan tidak lagi menunggu perintah atasan ( Kepala sekolah )
yang memimpin dalam tugasnya.
II. FUNGSI DAN TUGAS PENGELOLA SEKOLAH
1. Kepala Sekolah
Kepala sekolah
berpungsi dan bertugas sebagai Edukator, Manajer, Administrator, dan
Supervisor, Leadership, Innovator, Motivator ( EMASLIM )
a.
Kepala sekolah selaku educator bertugas melaksanakan
proses pembelajaran secara
efektip dan evisien
b.
Kepala sekolah selaku manajer mempunyai tugas :
1.
Menyusun perencanaan
2.
Mengorganisasikan kegiatan
3.
Mengarahkan kegiatan
4.
Melaksanakan pengawasan
5.
Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
6.
menentukan kebijaksanaan
7.
Mengadakan rapat
8.
Mengambil keputusan
9.
Mengatur proses blajar mengajar
10. Mengatur
administrasi Ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana dan prasarana dan
keuangan/RAPBS.
11. Mengatur
proses belajar mengajar
12. mengatur
organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS )
c.
Kepala sekolah
selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi :
1.
Perencanaan
2.
Pengorganisasian
3.
Pengarahan
4.
Pengkoordinasian
5.
Pengawasan
6.
Kurikulum
7.
Kesiswaan
8.
Ketata usahaan
9.
Ketenagaan
10. Kantor
11. Keuangan
12. Perpustakaan
13. Laboratorium
14. Ruang
keterampilan / Kesenian
15. Bimbingan
Konseling
16. UKS
17. OSIS
18. Serbaguna
19. Media
Gudang
20. 9
K
d.
Kepala sekolah selaku Supervisor bertugas
menyelenggarakan supervise Mengenai :
1.
Proses belajar mengajar
2.
Kegiatan bimbingan dan konseling / bimbingan dan
penyuluhan
3.
Kegiatan ekstrakulikuler
4.
Kegiataan ketata usahaan
5.
Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan intansi
terkait
6.
Sarana dan prasarana
7.
Kegiatan OSIS
8.
Kegiatan 10 K
Dalam
melaksanakan tugasnya, kepala sekolah dapat mendelegasikan kepad awakil kepala
sekolah.
2. Wakil
Kepala Sekolah
Wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai
berikut :
- Penyusunan rencana, pembuataan program kegiatan dan program pelaksanaan
- Pengorganisasian
- Pengarahan
- Ketenagaan
- Pengkoordinasian
- Pengawasan
- Penilaian
- Identipikasi dan pengumpulan
- Penyusunan laporan
Wakil kepala sekolah Pada MTs Al-Mu’minun Muara Muntai Membantu urusan
kepala sekolah dalam urusan sebagai berikut :
A. Urusan Kurikulum
1.
Menyusun program pengajaran lengkap dengan uraian
kegiatannya
2.
Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
3.
Menyusun jadwal dan pelaksanaan ulangan umum serta
ujian akhir
( EBTA/EBTANAS/UAN )
4.
Menerapkan keriteria persaratan naik/tidak naik dan
keriteria kelulusan
5.
Mengatur jadwal penerimaan buku laporan penilaian hasil
belajar dan STTB
6.
Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan
pelajaran lengkap dengan komponennya
7.
Menyusun Laporan pelaksanaan pelajaran
8.
Membina kegiatan MGMP/pengujian/litbang
9.
Membina kegiatan sanggar PKG/MGMP/Media dan pelatihan
guru
10. Melaksanakan
pemilihan guru teladan
11. Membina
kegiatan lomba-lomba akademis, seperti LPIR, LKIR, IMO, IPHO,/TOPI, Mengarang
dan lain-lain
12. Menyusun
dan melaksanakan Program pengembangan kurikulum
( Tryout/intensi/EBTANAS/UAN,Penelitian dan lain-lain )
B. URUSAN KESISWAAN
1.
Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS
2.
Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian
kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib
sekolahserta pemilihan pkepengurusan OSIS
3.
Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
4.
Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara
berkala dan incidental
5.
Membina dan melaksanakan koordinasi
keamanan,kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan, kekeluargaan,
kesehatan, keterbukaan, .dan keteladanan ( 10 K ) dan wawasan Wiyatamandala
6.
Melaksanakan Pemilihan calon siswa teladan dan calon
siswa penerima beasiswa , siswa berprestasi
7.
Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam
kegiatan di luar sekolah, antar sekolah sampai tingkat nasional
8.
Mengatur penerimaan siswa baru
9.
Menyusun program kegiatan ekstrakulikuler ( UKS, PMR,
KIR, Pariwisata dan lain-lain )
10. Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
11. Mengatur,
mengadakan latihan kepemimpinan, pembinaan IMTAQ, Pengambangan IPTEK melalui
penataran / pelatihan-pelatihan
C. URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT
1.
Mengtur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan
orang tua / wali siswa
2.
membina hubungan
antar sekolah dengan BP 3 dan komote sekolah
3.
Membina pengembangan hubungan antara sekolah dengan
lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga social lainnya
4.
Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara
berkala
5.
Menyusun dan melaksanakan kerjasama antar departeman,
dalam rangkapublikasi dan sosialisasi
6.
Menyusun dan melaksanakan kerjasama dengan lembaga
kemasyarakatan/keagamaan dala rangka meningkatkan IMTAQ
7.
Menangani tindak lanjut output/penjaringan lintas
sektoral ( dalam negeri maupun luar
negeri ) dan masalah-masalah IPTEK
8.
Menjalin kerjasama dengan sekolah swasta dalam program
sekolah kembar, lembaga kursus/keterampilan/pelatihan dalam rangka peningkatan
IPTEK
9.
Mempublikasikan Go public sekolah melalui, media
cetak,televise,radio dan media lainnya
D. Urusan sarana dan prasarana
1.
Menyusun renccana kebutuhan sarana dan prasarana
2.
Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
3.
Pengelola pembiayaan alat-alat pengajaran
4.
Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan
prasarana secara berkala
5.
Menyiapkan sarana dan prasarana di setiap / bagian
kegiatan sekolah, dibantu para teknisi
3. Guru
Guru bertanggung jawab kepad akepala sekolah dan mempunyai tugas
melaksanakan proses belajar mengajar secara efectif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab seorang guru meliputi :
a. Membuat program pengajaran
1.
Analisis materi pelajaran ( AMP )
2.
Program tahunan
3.
Program satuan pelajaran ( SATPEL )
4.
Program rencana pengajaran ( RP )
5.
Lembar kegiatan siswa ( LKS )
6.
Program CAWU / Semester
7.
Program pernaikan dan pengayaan
8.
Pokok Uji ( UN )
9.
Analisis hasil ulangan ( Harian / Smester )
10. Daptar
hadir dan daftar nilai
11. Agenda
guru dan alat Bantu lainnya
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
c. Melaksanakan kegiatan penilaian pelajaran, ulangan harian,
semester/tahunan
d. Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
e. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
f. Mengisi daftar nilai siswa
g. Melaksanakan kegiatan membimbing guru dalam kegiatan proses belajar
mengajar
h. Membuat alat pelajaran/alat peraga
i. Menciptakan karya seni
j. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
k. Melaksanakan tugas tertentu disekolah
l. Mengadakan pengembangan bidang pengajaran yang menjadi tanggung
jawabnya
m. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa
n. Meneliti daptar hasilsiswa sebelum memulai pelajaran
o. Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang pratikum
p. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya
4. Wali
kelas
Wali Kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai
berikut
a.
Mengelola kelas
b.
Penyelenggaraan administrasi kelasyang meliputi
-
Denah tempat duduk siswa
-
Papan absensi siswa
-
Daftar piket kelas
-
Buku absensi kelas
-
Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas
-
Inventaris kelas
c.
Penyusunan / pembuatan statistic bulanan siswa/target
kurikulum,daya serap mata pelajaran
d.
Pengisian daftar kumpulan nilai siswa ( Legger
),peringkat dan pengelompokkan pelajaran
e.
Pembuatan catatan khusus tentang siswa
f.
Pencatatan mutasi siswa
g.
Pengisian buku laporan penilaian asil belajar
h.
Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
5. Ketua
Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP )
Ketua MGMP di sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan – kegiatan
sebagai berikut :
- Penyusunan program dan pembangunan mata pelajaran sejenis
- Koordinasi penggunaan ruang sarana
- Koordinasi kegiatan guru-guru mata pelajaran sejenis
- Pelaksanaan kegiatan membimbing guru dalam proses belajar mengajar
6. Guru
Bimbungan Dan Konseling
Guru bimbingan dan konseling membantu kepala sekolah dalam
kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
- Menyusun program pelaksanaan bimbingan dan konseling
- Melakukan koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
- Memberikan layanan bimbingan kepada siswa lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
- Memberikan sarana dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
- Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
- Menyusun statistic hasil penilaian bimbingan dan konseling
- Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
- Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
- Mengikuti kegiatan musyaearah Guru pembimbing ( MGP )
- Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling
7. Pustakawan
Sekolah
Pustakawan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
- Merencanakan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronika
- Mengurus pelayana perpustakaan
- Merencanakan pengembangan perpustakaan
- Memelihara dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media electronika
- Menginventarisasi dan mengadministrasikan bubuku-buku/bahan pustaka/media electronica
- Menyimpan buku-buku perputakaan/media electronika
- Menyusun tata tertib perpustakaan
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
8.
Koordinasi Pengelola Laboratorium/Ruang Media Belajar
Koordinasi Pengelola membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
- Merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium IPA. Komputer, Dan media belajar
- Mengkoordinasikan jadwal dan tata tertib pendaayaguanaan/pemamfaatan laboratorium/ruang media belajar secara terpadu
- Menyusun tugas-tugas laboran
- Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium
10.
Laboran Laboratorium IPA ( Fisika dan Biologi )
Laboran laboratorium IPA membantu kepala sekolah dan penangung jawab/Guru
pengelola laboratorium fisika dan biologi dalam kegiatan-kegiatan sebagai
berikut :
- Merencanakan pengadaan alat-alat/bahan kimia laboratorium IPA ( Fisija dan Biologi )
- Membantu menyusun jadwal dan tata tertib pendayagunaan laboratorium IPA
- Menyusun program kegiatan laboran
- Mengatur pembersihan, pemeliharaan, perbaikan dan penyimpanana alat-alat/bahan-bahan kimia laboran IPA
- Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat bahan-bahan kimia laboran IPA
- Menyusun laporan Pendayagunaan/pemampaatan laboran IPA
11. Teknisi laboratorium computer
Teknisi laboratorium computer membantu kepalaa sekolah dan penanggung
jawab/guru pengelola laboratorium computer dalam kegiatan-kegiatan sebagai
berikut :
- Merencanakan pengadaan alat-alat computer baik perangkat keras mapun lunak
- Membantu menyusun jadwal dan tata tertib pendayagunaan/pemampaatan computer
- Menyusun program kegiatan teknisi computer
- Mengimpentarisasikan dan mengadministrasikan alat-alat/perangkat computer
12. Teknisi Media
Teknisi media membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai
berikut :
- Merencanakan pengadaan alaat-alat media
- Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan media
- Menyusun program kegiatan teknisi media
- Mengatur penyimpanan, pemeliharaan, dan perbaikan alat-alat media
- Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat media
- Menyusun laporan pemampaatan alat-alat media
13. Kepala tata usaha sekolah
Kepala tata usaha sekolah bertanggung jawab kepada kepala sekoalah dan
mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah meliputi kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
- Menyusun program kerja tata usaha sekolah
- Mengelola keuangan sekolah
- Mengurus administrasi ketenagaan
- Mengurus administrasi siswa
- Membina dan mengembangkan karir pegawai tata usaha sekolah
- Menyusun administrasi perlengkapan sekolah
- Menyusun dan menyajikan data/statistic sekolah
- Mengkoordinasikan dan melaksanakan 10 K
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
14. Pegawai Tata Usaha
Pegawai tata usaha bertugas untuk membantu kepala sekolah dan kepala
urusan tata usaha melakukan ketatausahaan sekolah meliputi kegiatan-kegiatn
sebagai berikut :
a. Administrasi Kesiswaan
Ø
Pencatatan data siswa
Ø
Pengelolaan buku induk
Ø
Laporan bulanan, triwulan, semester, akhir tahun
pelajaran dan sewaktu-waktu
Ø
Mutasi siswa
Ø
Membuat surat
keterangan siswa
b. Administrasi Kepegawaian
Ø
Membuat data pegawai dan DUK
Ø
Mengerjakan usul kenaikan pangkat guru/pegawai
Ø
Mengerjakan gaji berkala ( KGB )
Ø
Mengerjakan DP3
Ø
Mengerjakan buku induk pegawai
Ø
Mengusulkan pembuatan Karpeg, Taspen, Askes dan
karir/karsu
Ø
Menganalisis kebutuhan tenaga guru dan pegawai
Ø
Dan lain-lain yang menyangkut administrasi
kepegawaian
c. Administrasi Perlengkapan
Ø
Perencanaan pengadaan perlengkapan
kantor/sekolah
Ø
Penerima, penyimpanan,pemeliharaan dan
penyaluran barang
Ø
Melaksanakan pembukuan barang-barang inpentaris
Ø
Membuat laporan triwulan mutasi barang dan
laporan tahunan
Ø
Pemberian nomor kode pada barang inventaris
Ø
Dan tugas-tugas administrasi lain yang
berhubungan inventaris
d. Administrasi keuangan
1.
Bendaharawan rutin /UYHD/UUDP
Ø
Mengajukan surat
permintaan pembayaran ( SPP )
Ø
Menguangkan dan sesuai SPM
Ø
Menyimpan dan membayarkansesuai
persetujuan/perintah atasan
Ø
Mengerjakan pembukuan sesuai peraturan yang
berlaku
Ø
Membuat laporan pertanggung jawaban ( SPJ )
2.
Bendaharawan gaji
Ø
Mengajukan surat
permintaan pembayaran ( SPP )
Ø
Menguangkan/menerima serta membayarkan kepada
pegawai
Ø
Mengeerjakan pembukuan
Ø
Membuat/menyampaikan laporan SPJ
Ø
Mengerjakan kelengkapan administrasi lain
3.
Bendaharawan Infaq/Komite sekolah
Ø
Menerima pembayaran BP3/komite sekolah
Ø
Menyimpan dan membayarkan dana subsidi BP3
sesuai perintah/persetujuan atasan
Ø
Pembukuan keuangan
Ø
Membuat laporan pertanggung jawaban penggunaan
dana
4.
Pembuat daptar gaji
Ø
Menyiapkan/membuat daftar permintaan gaji
Ø
Menyiapkan kelengkapan-kelengkapan untuk
permintaan pembayaran gaji
Ø
Membantu bendaharawan gaji
e. Kearsipan Agenda
Ø
Mencatat keluar masuk surat
Ø
Menyampaikan surat
kepada kepala sekolah dan meneruskan surat
sesuai tujuan surat/disposisi
Ø
Menyimpan/mengarsipkan surat
sesuai tata letak dank ode surat
Ø
Menyiapkan/mengambil surat jika sewaktu-waktu diperlukan
f. Pembantu Umum
Ø
Membantu aktifitas kegiatan administrasi yang
diperlukan oleh atasan
Ø
Melakukan tugas-tugas lain
III. PENGEMBANGAN STAF ( STAF DEVELOPMEN )
Pengembangan staf merupakan suatu
kegiatan untuk mendayagunakan secara maksimal perangakat personal sekolah dalam
rangka meningkatkan kemampuan professional, ketentraman dan pengetahuan untuk
mencapai hasil optimal secara efektip dan efisien, dengan menggunakan atau
menyelenggarakan dana yang ada.
A. Tujuan Pengembangan Staf
- Mengembangkan kemampuan Mengajar dengan metode yang dapat digunakan secara efectif dan berhasil dalam kaitan yang luas dengan lingkunagn sekolah
- Mengembangkan Keinginan untuk belajar terus menerus serta menggali metode mengajar dan epaluasi dari cara mengajar yang berkaitan dengan pembaharuan keadaan
- Mengembangkan pengetahuan praktis administratifdalam usaha menumbuhkan kemajuan untuk selalu memberikan bantuan demi kepentungan sekolah
- Membantu perkembangan propesional dan tekhnis dari personal sekolah
- Mengembangkan personal menjadi suatu tim, sehingga merupakan tim yang kompak dan terpadu dalam menciptakan intraksi dan komonikasi yang baik
- Mengembangkan rasa ikut memiliki dan saling rasa menghargai diantara rekan kerja
- Mengembangkan sikap mental yang kuat, dalam mengembangkan prestasi
- Mengembangkan kepercayaan kepad kemampuan diri sendiri
B. Yang Menjadi Subjek Pengembangan Staf
- Kepala sekolah
- Wakil kepal sekolah
- Guru-guru
- Koordinator bidang studi
Dan yabg menjadi objek pengembangan staf antara lain :
Guru-guru yang baru diangkat, guru-guru yang baru bertugas ( Pindahan ), dan
guru-guru yang memang masih sangat memerlukan
C. Waktu Melaksanakan Pengembangan Staf
- Pada pertemuan individu antara kepala sekolah dengan guru, baik formal maupun informal
- Pada pertemuan individu antara guru coordinator bidang studi dengan guru, baik formal maupun informal
- Pada pertemuan individu antara wakil kepala sekolah dengan guru baik formal maupun informal
- Pada pertemuan kecil kelompok guru
- Pada coordinator Bidang studi mengunjungi kelas
- Pada saat pertemuan inservice dalam MGMNP/MGP
IV. KEGIATAN SUPERVISI
Untuk melaksnakan pengelolaan
sekolah secara dinamis kepala sekolah mempunyai tanggung jawab menyelenggarakan
perencanaan organisasi, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan.
Sedangkan secara operasional kepala
sekolah menyelenggarakan supervise pendidikan tentang kegiatan belajar mengajar,
Kegiatan BK, kegiatan Ekstrakulikuler, serta kegiatan administrasi
ketatausahaan sekolah.
Adapun kegiatan
program supervise meliputi :
A. Tujuan Kegiatan Program Supervisi
1. Tujuan Dasar
Ø
Meningkatkan ketakwaan terhadap tuhan yang maha
esa
Ø
Meningkatkan kecerdasan
Ø
Meningkatkan keterampilan
Ø
Mempertinggi budi pekerti
Ø
Memperkuat kepribadian
Ø
Mempertebal semangat kebangsaandan cinta tanah
air dengan dapt menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang sanggup membangun
dirinya sendiri dan secara bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan
bangsa.
2. Tujuan Umum
a.
administrasi pendidikan
Ø
Administrasi kesiswaan
Ø
Administrasi kurikulum
Ø
Administrasi sarana dan prasarana
Ø
Administrassi tata usaha sekolah
Ø
Administrasi hubungan usaha sekolah
b.
Administrasisebagai proses kegiatan
Ø
Kegiatan perencanaan
Ø
Kegiatan Pengorganisasian
Ø
Kegiatan pengelolaan dan pengarahan
Ø
Kegiatan pengkoordinasian
Ø
Kegiatan pengawasan
3.
Tujuan Khusus
Membantu dan
memperbaiki Kegiatan proses belajar mengajar meliputi :
1.
Dalam hal pemahaman kurikulum
2.
Pemahaman pendekatan,metode dan tekhnik-tekhnik
evaluasi
3.
Merumuskan TIK
4.
Memilih materi
5.
Memilih metode pengajaran
6.
Memilih metode pengajaran
7.
Merumuskan kegiatan belajar mengajar
8.
Membuat evaluasi
9.
Membuat satuan pelajaran
10. Merumuskan
hasil belajar mengajar dan perbaikan proses belajar mengajar
B. Saran Supervisi
Yang Melaksanakan supervise
sekolah adalah kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dan yang disupervisi
guru-guru serta pegawai tata usaha.
C. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
supervise dilaksanakan Secara berkala, terus menerus dan berkesinambungan
sesuai dengan kalender kerja. Tekhnik pelaksanaan melalui : Kunjungan kelas,
pertemuan pribadi, rapat dewan guru pertemuan dalam kelompok kerja melalui
MGMP/MGP
D. Aspek Dan Materi Sebagai Bahan
Kegiatan Supervisi
1. SuperVisi Guru Meliputi
Ø
Pemahaman Kurikulum
Ø
Penyusunan persiapan pengajaran/SP
Ø
Penguasaan Materi pelajaran
Ø
Pemilihan dan penggunaan Metode mengajar
Ø
Penilaian termasuk pemamfaatan umpan balik
penilaian proses dan hasil belajar serta kegiatan perorangan atau kelompok
Ø
Pengadaan media pengajaran
Ø
Pelaksanaan administrasi guru
2. Supervisi wali kelas
Ø
Pelaksanaan kegiatan administrasi wali kelas
Ø
Pelaksanaan kegiatan presensi siswa
Ø
Pelaksanaan bimbingan Siswa
Ø
Hubungan kerjasama dengan guru dan tata usaha
serta petugas tekhnis lainnya
3. Supervisi Petugas BK
Ø
Pelaksanaan Administrasi BK
Ø
Pelaksanaan kegiatan BK
Ø
Pelaksanaan Home Visit
Ø
Pelaksanaan hubungan kerjasama antara petugas BK
dengan kepala sekolah, Guru, WAli kelas, petugas tekhnis lainnya dan siswa
4. Supervisi Petugas Perpustakaan
Ø
Penilaian administrasi perpustakaan
Ø
Pelaksanaan kegiatan penambahan lokasi
perpustakaan
Ø
Pengacakan laporan, kerusakan,permintaan dan
penerimaan
Ø
Pengacakan barang invetaris dan pembukuannya
Ø
Pemeliharaan ( Penyimpanan, pengaturan
kebersihan ruangan, Pengamanan dan
pemampatan buku )
Ø
Pelaksanan hubungan kerjasama dengan kepala
sekolah,guru,wali kelas, petugas tekhnik lainnya dan siswa serta intansi
lainnya
5. Supervisi Laboratorium
Ø
Kegiatan administrasi
Ø
Pengecekan jadwal pelaksanaan kegiatan
laboratorium
Ø
Pengecekan laporan, Kerusakan, permintaan
barang, dan permintaan barang
Ø
Pengecekan barang iventaris dan pembukuan barang
Ø
Pemeliharaan ( Penyimpanan alat, Pengaturan
kebersihan ruangan, Pengamanan dan pemampataan alat )
6.
Supervisi Administrasi Tata Usaha
Ø
Keuangan
Ø
Kepegawaian
Ø
Kesiswaan
Ø
Pengelolaan Perlengkapan
Ø
Administrasi lainnya
7. Supervisi Ekstrakulikuler
Ø
Administrasi kegiatan
Ø
Penyesuaian Program dengan pelaksanaan
Ø
Penilaian hasil kegiatan
Ø
Daftar hadir
8. Supervisi Pembinaan Siswa
Ø
Pembinaan Keorganisasian, pendidikan politik dan
kepemimpinan
Ø
Pembinaan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa
Ø
Pembinaan sikap berbangsa dan bernegara
Ø
Pembinaan pendidikan pada hokum bela Negara
Ø
Pembinaan Kesegaran jasmani
Ø
Pembinaan apresiasi dan penghayatan seni
BAB III
POKOK-POKOK MATERI
PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH
Untuk mewujudkan program kerja
tahunan sekolah, kepala sekolah mempunyai kegiatan-kegiatan yang diharapkan
efektif dan efesien dalam mencapai suatu tujuan. Kegiatan administrasi dan
kepemimpinan kepala sekolah hanya akan berhasil bila mana ditunjang dngan
struktur organisasi yang memberikan kemungkinan berlangsungnya kerjasama antar
personal atau unit kerja. Setiap personal didaya gunakan secara maksimal dengan
memberi kedempatan berpartisipasi sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Sehubungan itu pembagian tugasdalam kegiatan pengorganisasian, termasuk juga
dalam memilih dan menempatkan personal pada unit kerjadan posisi yang
tepatsesuai dengan kemampuan pendidikan dan pengalamannya.
Dalam memberikan semangat kerja dan
tugas tidak hanya tentang kesejahteraan guru dan pegawai saja, akan tetapi
sebaliknya guru dan pegawai mempunyai rasa tanggung jawab yang telah diberikan
yang telah diberikan kepadanya surat
keputusan yaitu keputusan tentang struktur organisasi sekolah dan pembagian
tugas.
Pembagian dan
pembidangan tugas tersebut meliputi :
1.
Umum
2.
Kurikulum
3.
Kesiswaan
4.
Ekstrakulikuler
5.
Guru/pegawai
6.
Sarana dan prasarana
7.
Keuangan
8.
Hubungan sekolah dengan masyarakat
Pembagian
kerja merupakan perkotakan kerja dalam suatu kelompok yang terpisah-pisah, akan
tetapi mengharuskan, mengatur prosudur dan mekanisme kerja agar tercipta
hubungan kerjasama yang efektip efisian yang lebih baik.
Hubungan
kerja tahunan sekolah diprogramkan dengan baik pula sebagai langkah untuk
menjalankan tugas-tugas sehingga yang deprogram dapat tercapai sesuai dengan
tujuan yang diharapkan.
BAB IV
PENUTUP
Program kerja yang
kami susun ini adlah merupakan lanjutan dari program kerja terdahulu, Karena
itu untuk materi dan sasaran serta tujuan tidak mengalami perubahan dan hanya
beberapasub kegiatan ada penambahan dan perubahan.
Dalam supervise
kepal sekolah dengan kenyataan dalam proses belajar mengajar masih terdapat
kekurangan dan hambatan-hambatan yang sangat memerlukan perhatian kita untuk
segera ditangani dengan baik. Dengan berdasarkan pengalaman, maka untuk tahun
pelajaran 2008/2009 sangat perlu ditanggulangi kekurangan ini, sperti sarana
slat praga, KBM, dan buku penunjang bagi guru maupun siswa sendiri.
Berdasarkan
pengalaman inilah perlunya penambahan alat peraga, KBM dan pengadaan buku
diperpustakaan, agar terselenggaranya pendidikan berjalan dengan baik dan
sukses.
Kesemuanya ini
memerlukan bantuan dana yang akan mengimbangi kebutuhan tersebut di atas,
tentunya haruslah uluran tangan uluran tangan orang tua murid melalui pengurus
BP3 dan komite sekolah disekolah maupun pemerintah.
Juga dlam usha
meningkatkan mutu pendidikan. Sangat diperlukan peningkatan para pendidiknya,
untuk ini diharapkan guru dan pegawai selalu diikut sertakan pada setiap
kesempatan penataran/kursus ataupun pengarahan yang diselenggarakan oleh dinas
pendidikan nasional propinsi Kalimantan timur
ataupun depertemen pendidikan nasional.
Semoga
program kerja yang ada ini kami laksanakan berjalan dengan baiak dan tidak
mendapatkan hambatan yang berarti. Dan tentunya dengan kerjasama yang
Baik pula selalu
kita berupaya untuk meningkatkan anak didik sebagai generasi penerus dan
harapan bangsa.
Demikian rancangan program kerja
kami untuk tahun pembelajaran 2008 / 2009 yang dijabarkan. Uraian secara
singkat sebagai pedoman dan petunjuk untuk melangkah maju dalam usaha dan upaya
meningkatkan mutu pendidikan disekolah ini, terima kasih.
|